Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE Undang Mahasiswa Dialog Terbuka Doloksanggul


Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) DosmarBanjarnahor SE akhirnyamengundangparamahasiswa yang melakukanaksipasangspandukpadaperayaan HUT ke-14 KabupatenHumbahas yang digelar di Tanah LapangMerkedaDoloksanggul, Sabtu (29/8) lalu, untukmelakukan dialog terbukaterkaitperkembanganpembangunandaerahitu, Rabu (2/8) di ruangrapatsekretariat Kantor Bupati, Bukit InspirasiDoloksanggul.

DalamsambutannyaBupatiDosmardidampingiWakilBupatiSautParlindunganSimamora, Sekdakab Saul Situmorang, WakapolresHumbahasKompol T Pasaribu, Asisten I PemerintahanTonnySihobingparapimpinan SKPD, danpengurus LADN Humbahasmenyampaikan, bahwapenyampaianaspirasimahasiswa/i putra/i Humbahaspadasaatperayaan HUT Humbahasbeberapawaktulalutelahdiatanggapimelalui media sosialakunfacebooknya. Di sanaiamenjelaskanbahwatidakada yang salahdenganaksimahasiswa yang menyampaikanaspirasimelaluitulisanatauspandukpada HUT Humbahas Ke-14.

“Itusebagaibahanuntukmengingatkan agar lebihbekerjakeras, bekerjacerdasdanbekerjaserius.Tetapiyakinlahbahwa kami (Pemda) Humbahasakanmewujudkanjanjikampanye, danperludiingat, bahwaperubahanmembutuhkan proses tidaksepertimembalikkantangan. Olehkarenaitu, kepadaadik-adikmahasiswatetapmelakukankewajibanuntukterusbejalar agar menjadigenerasiemasdariHumbahas,” kata BupatiDosmar.

Padakesempatanitujuga, DosmarmenjelaskanvisidanmisiKabupatenHumbahasyakni “MewujudkanHumbangHasundutanyanhebatdanbermentalitasunggul.  Selainitu, bupatijugamenyampaikansejumlahcapaianmerekasejakdilantikmenjadibupati/wakilbupatiHumbahas, di antaranyabahwalaporankeuanganPemkabHumbahas TA 2016 memperolehopini WDP dari BPK RI, peringkatpertamaataslaporanhasilpemantauanpenyesaiankerugiaandaerahtingkatProvsu, penghargaandariKementerianKesehatanterkaitpencapaianimunisasidasarlengkap di atas 80 persentahun 2017.

Berikutnya, penghargaanjaminankesehatannasional award 2016 dari BPJS Pusat, penghargaanMenteriPerencanaan Pembangunan NasionalberupapiagamanugrahPangripta Nusantara 2017 dalamhalperencanaanpembangunanperingkatpertama di Sumutdannomor 6 tingkatnasinal. Dan untukbidangpendidikan, padatahun 2017, sebanyak 452 siswa/i lulusan SMA/SMK KabupatenHumbahasmasuk di perguruantingginegeritermasuk di dalammya 41 orang masuk di 10 perguruantinggiterbaik di Indonesia.

Selanjutnyapadatanggal 26 Desember 2016 lalu, pemerintahpusatmemberikankepercayaankepadaKabupatenHumbahasmenjadituanrumahpenyelenggaraan Natal Nasional yang berjalandengansukses, amandantenteram. “Hal inidapatkitacapaiberkatkerjasama yang baikdariseluruhelemen, baikpemerintah, TNI, Polridanseluruhlapisanmasyarakatdanmenunjukkanbahwatolenrasiantarumatberagamaberjalandenganbaik, tidakterpengaruhdenganhal-halintoleran di daerah lain,” ucapbupati.

 

Selainitu, kata dia, Pemprovsujugamemberikankepercayaankepadadaerahitusebagaituanrumahpelaksanaan PRSU ke 46 tahun 2017 sertamenjadituanrumahpelaksanan Festival Danau Toba padabulanDesembernanti. “Hal inimerupakanpeluangdansaranamemperkenalkanberagampotensidaerah, wisatadanbudayasertasitus Raja SisingamangarajaKe-XII sebagaipahlawannasional yang ada di KabupatenHumbahas,” ujarnya.

 

LebihlanjutbupatimenyampaikanbahwaPemkabHumbahassedangmenggalakkan program ekonomikerakyatanmelaluiproduksipertaninrakyat yang direspondengandukungannyatadaripemerintahpusat.Terbuktidengankunjungankerjadanhasilaudensidengankementerianterkait, sejaktahun 2016 sampaiJuli 2017, bantuan yang telahditerimaantaralain, mesinpertanianseperti hand traktorsebanyak 179 unit, corn sheller 10 unit, combine harverster 15 unit, traktorbesar 6 unit, rice transplanter 8 unit, cultivater 9 unit, excavator mini 2 unit, dantraktorroda mini empat 7 unit.

 

Selainitu, kata dia, pemerintahpusatjugasedangmemprogramkanseluas 144.000 hektarpertanamanjagung di provinsiSumut. Dan untukKabupatenHumbahas  mendapatalokasiseluas 11 ribu Ha.“PemerintahKabupatenHumbangHasundutanakanmenerimabantuandariKementerianKoordinatorBidangKemaritimanantaralain, 20 unit traktorbesar 90 PK dan 5 unit excavator. Bantuaninimerupakanwujudnyatadukunganpemerintahpusatdalammeningkatkanpertaniankhususnyapertanamanpadi, jagungdankeledai di KabupatenHumbahas,” kata Dosmar.

 

Padakesempatanitujuga  bupatimenyampaikanbahwabeberapawaktulalu, komisi IV dankomisi V DPR RI telahmelakukankunjungankerjadaerahitudenganmeninjausejumlahlokasisertamemberikanbantuanberupa 2 unit traktorrodaempat, 11 unit traktortraktorrodadua, 11 pompa, 2 excavator, 17 knapsak sprayer dan 4 unit cultivator.

 

Diajugamenjelaskan, untukmempercepatpembangunan di sektorpertanian, padatahun 2017 initelahdirekrut 153 orang penyuluhpertanianswadaya (PPS) dansudahditempatkan di 153 dese di 10 kecamatan di daerahitu. “Hal itudilakukandalamrangkamengatasiketerbatasan SDM penyuluhpertanian. Di mana kata dia, sampaiakhirtahun 2016 hanyaada 25 orang tenagapenyuluhpertanianuntukmelayani 153 desa (779 kelompoktani). Padahalidealnya 1 desamininal 1 orang tenaga PPL,” urainya.

 

Selainitu, bupatijugamenjelaskanbeberapahalpentingterkaitkondisidaerahitusaatinidanbeberapakendala yang merekahadapisemenjakmerekadilantikmenjadibupatidanwakilbupatisepertipengangkatanpejabat di lingkunganPemkabHumbahas, penggunaananggaranpendapatandanbelanjadaerah, pembentukanperusahaandaerah, illegal logging (pembalakanhutan), danrencanalokasitamanbungaDanau Toba.

 

“Kami menyadarisebagaimanusia yang memilikikekurangandanketerbatasandalammelaksanakantugas-tugaspemerintahan, pembangunandanpelayanankepadamasyarakat.Olehkarenaitu, kami menerimamasukandan saran dariparatokohmasyarakatdanmahasiswa-mahasiswiputra-putriHumbangHasundutan demi terwujudnyaHumbangHasundutan yang hebatdanbermentalitasunggul,” pungkasnya.

 

Sementaraitu, beberapaperwakilanmahasiswa yang tergabungdalamSolidaritasMahasiswaHumbangHasundutanyakniSupriadiPurba, TagorPasaribu, AferiTumanggor, danMandoraSimanullang, dalamsesitanyajawabsatupersatumenyampaikansejumlahpertanyaankritikandanmasukanterkaitberbagaipolemikkesejahteraanmasyarakatterlebihnasibpetani, pembangunaninfrastruktur, kesehatan, pendidikan, pertanian, pariwisata, sertajalannyarodapemerintahanHumbangHasundutanselamalebihkurang 1,5 tahunini.

 

Menjawabseluruhkritikandanmasukandariparamahasiswaitu, BupatiDosmarmenyampaikansebagaimanusia, pihaknyamenyadarimemilikikekurangandanketerbatasandalammelaksanakantugas-tugaspemerintahan, pembangunandanpelayanankepadamasyarakat.Olehkarenaitu, diamenegaskanpihaknyasiapuntukmenerimamasukandan saran dariparatokohmasyarakatdanmahasiswa-mahasiswiputra-putriHumbangHasundutan demi terwujudnyaHumbangHasundutan yang hebatdanbermentalitasunggul, denganbekerjakeras, bekerjacerdasdankerjaserius,” tukasnya.

 

Di akhirsambutannya, bupatijugamengajakparamahasiswa yang hadirpadakesempatanituuntukmengagendakan agar setiaplibur semester dilakukandudukbersamamembahasperkembangandanmemberikansulusidanbuahpemikiran demi kemajuandankebaikanKabupatenHumbahaskedepan.