LombaCipta Menu B2SA Kecamatan Pollung Juara I


Doloksanggul (888)

Dalamrangkamemeriahkan HUT ke-14 KabupatenHumbangHasundutan, DinasKetahananPanganmengadakanlombacipta menu B2SA (beragam, bergizi, seimbangdanaman) tingkatKabupatenHumbangHasundutan, Selasa (18/7) di Aula Huta Mas Doloksanggul.  PerlombaanitudibukaWakilBupatiHumbangHasundutanSautParlindunganSimamora.Dalamlombaitu, KecamatanPollungtampilsebagaijuara I, Doloksangguljuara II danTarabintangjuara III.Harapan I KecamatanLintongnihuta, harapan II Pakkatdanjuara III Paranginan. KecamatanSijamapolang, Baktiraja, ParlilitandanOnanganjanghanyamendapathadiahhiburan. KecamatanPollungakandiutusketingkatProvinsiSumutsebagaiperwakilandariKabupatenHumbangHasundutan.

Hadirdalamperlombaanitu, AsistenPemerintahanDrsTonnySihombing MIP, InspekturDrs BP Siahaan MM, KadisKetahananPanganSabarSitanggang, KabagProtokolDrs Jonny Gultom, Ketua DWP HumbangHasundutanNy Betty Saul Situmorangdanseluruhcamat.

WakilBupatiHumbahasSautParlindunganSimamoramengatakanaspekkonsumsipangansangateratkaitannyaterhadapkualitas SDM.Buktiempirismenunjukkanbahwakualitas SDM sangatditentukan status gizi yang baikdan status gizi yang baikditentukanasupanpangan yang dikonsumsi.  Selanjutnya, masalahgizi yang terjadipadamasatertentuakanmenimbulkanmasalahpembangunan di masa yang akan dating. Saatini hamper seluruh Negara di duniamenghadapiberbagaibentukpermasalahangizi, baikkekuarangangizimaupunkelebihangizibaikgizimakromaupungizimikro.

Konsumsipangan  yangberkualitas, yang ditunjukkandengankeragamanjenispangandankeseimbangangizidalampolakonsumsipangansehari-hari  dibutuhkantubuh agar dapathidupsehat, aktifdanproduktif. Olehkarena  itu, secaragencarpemerintah  melakukanupayadiversifikasikonsumsipangan. Upayatersebut  dilakukantidakuntukmenggantiberassecara total  tetapimengubahpolakonsumsipanganmasyarakatsehingga  masyarakat  mengkonsumsilebihbanyakjenisatauragampangannyabaikuntukjenispangansumberkarbohidrat, sumber protein sertasumber vitamin dan mineral yang menjadikankualitasgizilebihbaik.

Salah satuupayapemerintahuntukmendukungdiversifikasikonsumsipanganadalahmelalui program peningkatanketahananpangan yang mencakup 3 sub sistem yang salingterkaitsatusamalainnyayaitu, sub sistemketersediaandan  kerawananpangan, sub sistemdistribusidanaksespanganserta sub sistemkonsumsi, mutudankeamananpangan. Dalam 3 sub sistemtersebut, sasaranpembangunanketahananpangan yang dilaksanakan  adalahkebijakanpercepatanpenganekaragamankonsumsipanganberbasissumberdayalokal.

Untukitumemerlukanketerpaduanseluruhkomponenmasyarakatdanpemerintahdalammemobilisasi, memanfaatkandanmengelolasumberdaya local untukmeningkatkanketahananpanganrumahtanggadanmasyarakat.Gunamemotivasimasyarakat agar maumerubahpolakonsumsipangannya, setiap unit kerja yang terkaitdankelompokmasyarakatperluterusmenerusmelakukansosialisasimaupungerakan yang dapatmeningkatkanpemahamanmasyarakattentangkonsumsipangan yang beragam, bergiziseimbangdanaman.

Dalamrangkamempercepatpemahamanmasyarakattentangkonsumsipanganberagam, bergiziseimbangdanaman.Pemerintahsejaktahun 2002 secararutinmensosialisasikan slogan ‘’PangankuBeragam, BergizidanBerimbang (3B) kepadamasyarakatluasterutamabagianggotakeluarga  (bapak, ibudananak) yang merupakanindividu-individu yang menentukandalammemilihdanmengkonsumsi menu makanansehari-hari.

 

Lombaini  dimaksudkan agar setiapindividukhususnyaiburumahtangga yang bertanggungjawab  dalammenentukandalammenyediakan menu keluargadapatmenyediakan menu yang beragam, bergizi, seimbangdanaman. Kegiataninijugauntukmemotivasidanmeningkatkanpemahaman  sertaketerampilaniburumahtangga  dalammengolahdanmenyajikanmakanandenganmemanfaatkansumberpangan  disekitarkitabaik yang ada di perkaranganmaupunkebunsesuaidengankebiasaandansosialbudayasetempat. Menyajikanmakanan yang tidakmahaltetapisehatdanbergizi, memotivasimasyarakatsehinggabanggamenyajikan, menyantapmakanandenganresepdanbahanpangansumberdayalokal.

Untuktahun 2017, pelaksanaanlombajugaditekankan  pada menu serapananaksekolah. Bahwaserapanbergizibagianaksekolahsangatbermafaat, berpengaruhterhadapfisikdanpsikologis, yang padaakhirnyaakanmeningkatkan proses danhasilbelajaranak-anak. Hal inijugasejalandengan  salahsatupesandalampedomangiziseimbangyaitu ‘’biasakanmakanpagiatausarapan’’.

WakilBupatiHumbahasberharap, agar dapatmelaksanakanpolamakanan yang beragam, bergizi, seimbangdanaman di keluargamasing-masing .Dengandemikianprinsipkonsumsipangantidakberhentihanyapadalombasaja, namundapatditindaklajuti  dalamkehidupansehari-hari  di masyarakat. Melaluilombainidiharapkanmasyarakatkhususyapesertadapatmenciptakan/mengembangkanresep yang beragam, bergiziseimbangdanamansertadapatditerapkansebagai menu keluargasehari-hari. (Diskominfo-HH)