Presiden Jokowi Tinjau Kawasan Relokasi Sinabung dan Kesiapan Bandara Silangit


Presiden Joko Widodo menyambangi kawasanr elokasi/hunian tetap (Huntap) di Siosar, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara pada Sabtu pagi, 14 Oktober 2017.

Lokasi tersebut merupakan kawasan relokasi bagi sekitar 3.331 Kepala Keluarga (KK) korban erupsi Gunung Sinabung beberapa waktu yang lalu.

Presiden didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi berangkat menuju Siosar dengan menggunakan helikopter pada pukul 08.30 WIB.

Setibanya di tempat relokasi, Presiden melihat kawasan tersebut dengan berjalan kaki. Sesekali Presiden menerima tawaran warga untuk berswafoto.

Usai peninjauan, Presiden mengatakan kepada para jurnalis bahwa telah selesai dibangun 370 rumah berikut lahan untuk pertanian.

“Tadi sayatanya juga apakah sudah bisa berproduksi, dijawab sudah. Nanamapa, nanam kentang,” ucap Presiden.

Pemerintah bertekad untuk menyelesaikan lagi rumah untuk sekitar 1.863 KK yang tersebar di 14 hamparan hingga akhir 2017.

Sisanya sebanyak 1.098 rumahakandiselesaikantahundepan. “KarenasudahadapenetapandariKementerianLingkunganHidupdanKehutananmengenailokasi yang akandigunakankitaharapkanrampung,” ujarPresiden.

Sementaraitu, Kepala BNPB Willem RampangileimengatakanbahwaperizinanuntuklahansudahdikeluarkanolehKementerianLingkunganHidupdnaKehutanan. “Izinpemanfaatankayujugaakandikeluarkanolehprovinsi.Jadiuntuktahapsatuitu 100 persensudahselesaiuntuk di Siosar 370 KK,” ucap Willem.

Untuktahapduasebanyak 1.863 rumahakandiselesaikanpadaakhirtahun 2017. “Dilakukansecararelokasimandiri di 14 hamparandanperintahPresidenbahwainiharusselesaipadaakhirtahun 2017,” kata Willem.

Singgah di RumahPrajurit

Sebelummeninggalkan Tanah Karo, KabupatenKaro, PresidenJokoWidodoberkesempatanmengunjungiMarkasYonif 125/SMB di Tanah Karo, KabupatenKaro.

Di lokasitersebut, Presidensempatberkelilingdanmelihatperumahan yang ada di markastersebut.

Salah saturumah yang dikunjungiadalahrumahKopdaSigitSuryono.Di siniPresidensinggahsejenakdanjugabertemudenganistridananakpertamadariKopdaSigit.

IstriKopdaSigit yang tengahhamil 8 bulan, menyampaikan rasa terimakasihnyakepadaPresidenataskunjungankerumahnya.“SenangsekalidikunjungiBapakPresiden,” ucapnya.

Sebelummemasukihelikopter, Presidenjugasempatmelihatbeberaparumah yang memerlukanperbaikandanjugameninjaubarakbintaradantamtamaremaja.

Pukul 13.20, Presidenmeninggalkan Tanah Karo, KabupatenKarodantiba di Bandar UdaraSilangit, KabupatenTapanuli Utara padapukul 13.50 waktusetempat.

Kabanjahe, 14 Oktober 2017

DeputiBidangProtokol, Persdan Media SekretariatPresidenBeyMachmudin