Sosialisasi Dana Desadan TP4D di Humbang Hasundutan


Sosialisasidanadesadan TP4D (Tim PengawaldanPengamananPemerintahandan Pembangunan Daerah) dilaksanakan di KabupatenHumbangHasundutanbertempat di Pendopo Bukit InspirasiDoloksanggul, Kamis (24/8).

WakilBupatiHumbahasSautParlindunganSimamoramengatakandenganlahirnyaundangundangnomor 6 tahun 2014 tentangdesamerupakan momentum yang bersejarahdalampenyelenggaraanpemerintahandesa. Denganundang-undanginiakanmenciptakanparadigmabarudalampembangunanyaituparadigma ‘’MEMBANGUN DESA’’. Menjadiparadigma ‘’DESA MEMBANGUN’’ diharapkandenganparadigmabaruinipartisipasimasyarakatlebihmenonjoldaripadaperanpemerintahan.

Hal inisejalandengannawacitaketigaPresiden RI JokowiWidodoyaitu ‘’MEMBANGUN INDONESIA DARI PINGGIRAN DENGAN MEMPERKUAT DAERAH-DAERAH DAN DESA DALAM KERANGKA NEGARA KESATUAN’’ Artinyapemerintahsangatmendukungpenuhamanahdariundang-undangtersebut.

Denganparadigma ‘’ DESA MEMBANGUN ‘’ tentumenjadibebantugas yang sangatberatbagikepaladesa.Namunbebantersebutdapatterselesaikanjikakepaladesamelakukanlangkah-langkahsebagaiberikut.Merangkulseluruhelemenmasyarakat yang ada di desadalam proses pembangunan. Menjalinkerjasamadenganberbagai stakeholder baik yang ada di desamaupundariluardesa.Memilikitekaduntukmembenahidiridenganmeningkatkankualitasdanetoskerja (BUDAYA KERJA)

‘Perlukitasadarisejakdinibahwadanadesadanalokasidanadesaadalahuntukkemajuanmasyarakatdesa, bukankemakmuranoknumatausekelompokpengelola. Yakin danpercayalahbahwakitasebagaianakni raja akansemakinmendapathasangapondohotharajaonapabilamemberikanketulusandalampengelolaandanadesa. Mari hindaritindakantidakterpujidanmelanggardalampengelolaandanadesa. Melaluiacaraini,sangatlahperlusayasampaikanbahwatimpengawalpengamanpemerintahandanpembangunan (TP4) KejaksaanAgungakanmembentuktimanggaran di Kementeriandanlembagabisaterserapsecaramaksimal. Untukitusayamenghimbau agar semuakepaladesamemperhatikanaturan-aturantentangpengelolaandanadesadandalammelaksanakantugas-tugasnyaharusmemegangprinsiptransparansidanbertanggungjawab’ tegasSautParlindunganSimamora.

WakilBupatiHumbahasmengatakanlagi  bahwatugas TP4D  adalahmengawal, mengamankandanmendukungkeberhasilanjalannyapemerintahandanpembangunanmelaluiupaya-upayapencegahanbaikditingkatpusatmaupundaerahsesuaidenganwilayahhukumpenugasanmasing-masing.

‘MarilahkitasalingmengingatkansesamaKepalaDesa, agar tidakadasatupunKepalaDesa di KabupatenHumbangHasundutanini yang terjerathukumkarenadanadesa. Bagibapakibukepaladesa,kitasatukantekaddanniat yang tulussebagaimana motto KabupatenHumbangHasundutan‘’bekerjakeras…bekerjacerdas…bekerjaserius… ‘’. Sehinggaapa yang menjadi  impiankitabersamayaitu ‘HumbangHasundutanhebatdanbermentalitasunggul ‘’dapatmenjadikenyataan’ tambahWakilBupatiHumbahas.  Hadirdalamsosialisasiitu, KajariHumbangHasundutanZaidarRasepta SH MM, Sekdakab Saul Situmorang SE MSidanparapimpinan SKPD, kepaladesatermasukpersonilKejariHumbangHasundutan. (rel/rhs/Diskominfo)